-->

APA ITU CINTA?

| 2:23 PM |

 Sebuah pertanyaan seperti yang kebanyakan orang bertanya. semua orang bertanya-tanya apa itu cinta? Beberapa orang benci untuk mencintai dan beberapa orang lain hanya cinta untuk mencintai. Seperti perasaan yang membuat semua orang bingung dan kehilangan itu membuat pikiran kalian semua bertanya-tanya tentang hal itu. Ketika kamu memikirkannya, kamu hanya merasa seperti mengalami perasaan konyol atau berpikir ini hanya ide bodoh yang kamu tidak bisa jabarkan. Tidak peduli berapa lama kamu bertanya-tanya tentang hal itu. Kamu tidak akan pernah tahu apa itu cinta, sampai saat kamu jatuh di dalamnya. Terkadang kita pernah bertanya-tanya apakah cinta selamanya sama hanya satu? apakah itu memiliki aturan bahwa setiap orang harus mengikuti? Apakah itu berkah atau hanya kutukan? Apakah ini yang benar-benar kita inginkan? atau apakah ini yang kita takuti? Begitu banyak pertanyaan berkeliaran dalam pikiran kita. kita tidak punya banyak pengalaman dalam hidup, tapi kita ingin tahu, kita ingin mengungkapkan misteri ini yang mereka dan kita tidak bisa mengerti.

Kita mulai mengamati orang, membaca cerita dan menjalani hidup kita, dan kita belajar sedikit banyak seperti yang kehidupan berikan. tapi cukup untuk mengetahui, apa perasaan yang sedang kualami ini. Dari hasil pengamatanku terhadap kebanyakan orang, kita menyadari bahwa semua orang melihat cinta dari sudut pandang mereka sendiri. Beberapa orang lain melihatnya sebagai bunga-bunga yang ditanam di ladang penuh daun kuning, sedangkan yang lain melihatnya seperti bulan yang bersinar di malam yang gelap dan hal-hal yang jauh lebih indah. Tapi kita melihat bahwa mereka hanya mengatakan atau merasakan bahwa karena mereka berada larut di dalamnya. Jadi, Bagaimana jika mereka kehilangannya? Apa jadinya mereka jika kehilangan cinta mereka? Jadi, memikirkan tentang hal itu yang kemudian kita mulai mempertanyakan pada diri kita sendiri, sampai kita tahu tentang perasaan mereka. Ini menyakitkan untuk diketahui bahwa ketika gagasan itu berubah sebaliknya dan semuanya menjadi penggambaran yang sama sekali berbeda, yang semula serasa berkah lalu kemudian berubah seperti kutukan. Rasa sakit tak tertahankan itu muncul disebabkan ketika perasaan cinta itu hilang.  Apakah tidak mungkin untuk dipahami bahwa setelah semua itu serasa damai dan indah kemudian perasaan itu semuanya terbalik? Namun, jenis cinta apa itu? Apakah semua cinta itu sama? atau apakah cinta itu memiliki banyak penggambaran? Yah, menurut pendapatku itu masih sama.

Semua perasaan cinta adalah perasaan yang sama, tetapi perubahan setelan dari bentuk untuk membentuk sebagai cinta untuk orang-orang, cinta untuk hidup, cinta untuk persahabatan, cinta keluarga, cinta untuk seseorang dan cinta tertentu untuk Tuhan, itu semua perasaan yang sama tetapi dengan pola pemikiran kita yang berbeda membuatnya tampak berbeda dalam setiap bentuk. Jadi, itu semua sama akan tetapi hanya persaaan kita yang membuat semua jenis cinta itu berbeda. Ketika itu, kita berpikir lagi hingga kita seakan kita tersesat dalam pikiranku sendiri, apa itu cinta? apakah itu berkah atau kutukan? atau apakah perasaan sebenarnya dimulai dengan perasaan seperti hidup di surga dan kemudian pada akhirnya melemparkanmu ke dalam kehidupan seperti di dalam neraka? apakah cinta benar-benar melkitakan hal itu? Lalu apakah itu berarti bahwa cerita dan buku tentang cinta yang selalu berakhir bahagia itu semuanya salah? Atau apakah itu artinya tidak ada yang selamanya bahagia di bumi? Tetapi tidak, itu salah, itu tergantung pada tempatnya tetapi kita harus lulus tantangan. Tantangan yang diberikan sekali bila kamu jatuh cinta. Apakah kamu akan melawan dan menyimpannya sampai akhir atau melupakan dan menyerah dalam berusaha untuk menghindari risiko. Tetapi itu jika kamu menerimanya itu. Semua perang yang berakhir kadang akan membawamu ke surga dan kadang pula ke neraka. Sewaktu-waktu kita juga berpikir kapan perang tentang cinta ini berakhir? Apakah itu terjadi jika ketika kita meninggalkannya? Tetapi kurasa tidak, bahkan ketika kamu meninggalkannya, efek samping itu dimulai. hari penyesalan, hari rasa sakit dan air mata. 

Cinta, sebuah kata yang memiliki begitu banyak arti namun tetap misteri. Cinta adalah senjata dan penyembuh, serta dapat menjadi pembangun jiwa dan sekaligus menjadi penghancur bagi banyak hal. Ini bukan kesalahan cinta yang menjadi rumit bagi manusia, tetapi ini sebenarnya kesalahan kita. Apakah hewan mengenal cinta? dan apakah cintanya sama yang seperti semua manusia inginkan? Kamu bertanya mengapa? karena ketika kucing mencintai kucing lain dia tidak bertanya “Mengapa kita mencintainya?” atau “Mengapa kita harus berada dalam perasaan ini?”. Ini merupakan ungkapan perasaan dan mereka tetap bersama-sama bahagia selamanya, karena kucing tidak bosan dengan istri kucing ketika dia hamil karena dia tidak dapat menikmati hidupnya sendiri, tetapi dia tidak berpikir sama sekali, dia hanya membuat tindakan untuk memenuhi kucing lain dengan segala sesuatu yang dia bisa. Ini hanya kucing, hewan sederhana yang sebagian besar dari kita menjaga rumahnya. seperti perasaan murni langka yang hewan jaga namun kita tidak, masih bertanya mengapa? Karena kita manusia, diciptakan Tuhan untuk kita untuk mencari tahu yang tidak kita ketahui. Kita menduga, menyesal, mengabaikan, melupakan, dan membuang pikiran kita dalam situasi yang di mana kita tidak dapat bereaksi cepat, yang di mana membuat kita tidak dapat memberikan waktu pada diri kita untuk merasakan dengan menggunakan hati kita, bukan dengan otak. Kita lupa bahwa Tuhan menciptakan cinta di bumi bagi kita untuk menjalani kehidupan yang sempurna. Kita cenderung menginginkan mengabaikan fakta itu dan mengatakan bahwa kita tidak bisa apa-apa dan juga untuk dapat menjadi sempurna.

Apa itu cinta? Cinta adalah ketika kamu bangun di pagi hari dan melihat matahari bersinar di depan jendelamu dan kamu merasa seperti "Ini adalah awal dari sebuah hari yang baru". Cinta adalah ketika kamu bangun dan berkata "Selamat pagi" dan semua orang menjawab salammu. Cinta adalah ketika kamu meminta ayah atau ibu atau saudaramu untuk mengambil bagian dari makanan mereka di pagi hari karena ketika kamu merasa lapar dan mereka setuju. Cinta adalah ketika kamu melihat nenekmu berdoa untukmu sehari-hari untuk keberhasilanmu sedangkan kamu hanya seperti anak nakal yang hanya bisa mengganggu semua orang. Cinta adalah ketika keluargamu masih memperlkitakanmu sebagai keluarga ketika kamu merasa tidak berguna di rumah untuk membantu siapa pun kecuali pada dirimu sendiri. Cinta adalah ketika kamu berdoa kepada Tuhanmu dan Dia mendengarkan doamu, Cinta adalah ketika kamu melihat kucing kecil yang kelaparan saat di perjalanan dan kemudian kamu memberinya sesuatu untuk dimakan atau diminumnya. Cinta adalah ketika kamu dalam perjalanan, ada sesuatu yang mengotori pakaianmu -sedangkan kamu tidak sadar akan itu- dan ada seseorang yang tidak kamu kenal dari menegurmu dan memberitahumu untuk menghapusnya. Kita yakin masih ada banyak lagi hal-hal yang kita tidak perhatikan, kita cenderung fokus pada hal-hal lain yang mungkin tidak berakhir dengan baik. Kita lupa maksud pertama cinta dan hanya berpikir pada sisi buruknya. Kita tidak menikmatinya dan cenderung khawatir tentang hal itu yang bisa menghancurkannya atau membuatnya lebih baik. Kita terus memikirkan hal-hal buruk yang mungkin dapat merusak hubungan seseorang. Inilah kita manusia, Tuhan menciptakan kita dengan keinginan dan keserakahan dengan pilihan yang ada di dalam tangan kita, kita memilih. Kita dapat memikirkan untuk merusak atau berpikir untuk membangun kembali cinta itu sendiri tergantung pada kita bagaimana yang kita inginkan dan bagaimana sikap kita menghadapinya.

Beberapa orang berpikir bahwa cinta adalah penuh dengan keinginan dan kita tidak meyakini itu, tapi apa yang kita tahu adalah bahwa itu benar-benar indah seperti yang mereka katakan tetapi tetap harus berhati-hati dengan hal itu, sebab cinta dapat membawa gairah, dapat membawa harapan, damai, gembira, menghibur, kegilaan, kenyamanan, ketenangan, kebahagiaan, dan juga dapat membawa kecemburuan, keserakahan, kebencian, gelisah, sedih, penderitaan dan juga dapat membuat orang-orang khawatir, itu semua tergantung pada orangnya, bahwa cinta berkaitan dengan bagaimana ia berpikir dan bagaimana ia memilih pendapatnya sendiri tentang cinta. Ini adalah hal yang rumit bahwa setiap orang harus berurusan dengannya, tidak peduli siapa orang itu atau di mana orang itu. Tuhan menciptakan kita untuk mengisi bumi ini dengan kebahagiaan yang indah dan memberikan kita dengan senjata yang paling ampuh yaitu "cinta" dan namun kita mengatakan itu tidak berguna, tidak nyata, itu hanya ada dalam dongeng, itu hanya bagian dari cerita dan buku, itu perasaan khayal dan semacamnya. kita mengabaikan itu penting bagi keberadaan kita, kita mengabaikan yang sebenarnya itu adalah alasan untuk kebahagiaan kita. kita mengabaikan dan juga melupakannya yang sebenarnya cinta merupakan bagian dari kehidupan normal kita. Cinta itu hadir di dalam segala sesuatu dan di mana saja, dia menunjukkan dirinya sebagai matahari bersinar, tidak peduli di mana pun kamu pergi atau di mana pun kamu bersembunyi. Apapun yang terjadi, dia akan mengikutimu di mana saja. Mungkin, kamu tidak bisa melihatnya tetapi karena kamu mencari di dalamnya arah yang berlawanan atau kamu hanya tidak menyadarinya mungkin kamu tidak melihat dengan cara yang benar. semua yang kamu butuhkan untuk menemukan cinta adalah mengatur pola pikirmu pada hal yang positif dan menyadari betapa pentingnya detail-detail kecil cinta itu sendiri dan bagaimana mengekspresikannya dengan cara yang menunjukkan betapa pentingnya cinta itu untukmu dan jika kamu gagal untuk mengekspresikannya sekali, coba lagi, sekali lagi, dan lagi, tidak ada yang bisa tahu langsung dari awal pertama, karena sebenarnya tidak ada yang tahu apa yang benar-benar mencintai asalkan tidak seperti permen yang kamu beli dari pasar atau seperti sinar matahari yang bisa kamu lihat setiap hari di pagi hari. Ini adalah sesuatu yang kamu tidak dapat menyentuhnya, memakannya, menciumnya ataupun melihatnya, cinta adalah sesuatu yang kamu hanya bisa rasakan. Jadi, ini adalah cinta yang kita ketahui dan kamu tahu ketika kamu menyadari kehadirannya.

Cinta bukan dari perasaan dua insan saja tetapi dapat juga dari antara seseorang dan suatu benda. Kamu akan mengetahui bahwa cinta ada di mana saja, di sekitarmu dan semua orang. Cinta merupakan perasaan abadi yang tidak akan pernah berakhir. Cinta mungkin bisa mati tetapi cinta akan selalu bangkit. Cinta mungkin bisa tumbang tetapi ia akan selalu dapat berdiri lagi. Ini merupakan perputaran abadi cinta yang tak akan pernah berakhir, ia akan terus dan berputar. Beberapa pendapat orang mengenai cinta adalah bahwa seperti ketika kamu dipertemukan dan diperlihatkan pada dunia yang penuh warna pada saat pertama kali, dan pada saat itu jantungmu secara harfiah seperti ingin keluar dari dadamu. Kamu seperti merasa dunia dan seisinya adalah impianmu. 

Cinta akan membuat jantungmu akan semakin berdetak yang suatu ketika kamu bertemu dengan orang yang kau sukai dan jika kamu kamu beruntung, kamu akan memulai membahas harapan-harapan dan rencana masa depan bersama. Cinta akan membuatmu dan dia tertawa, yang kemudian dapat dibuat menangis bersama. Cinta itu ada, apapun yang terjadi, untuk semua di antara kamu. Cinta dapat membuatmu menyadari bahwa tak ada satu pun darimu dan dia yang sempurna, namun cinta akan membuatmu mengetahui tanpa keraguan bahwa kamu dan dia dapat saling bekerjasama untuk menyelesaikan berbagai masalah. Ketika kamu menatap ke arahnya, dalam beberapa tahun kemudian, kamu akan tahu tanpa keraguan bahwa pilihanmu benar dan kamu merasa cinta yang berbeda dari kedamaian batin dan kesejahteraan. Kamu akan mengerti bahwa kamu akan berdampingan sampai maut memisahkan, dan mungkin bisa juga, kamu berharap bahwa kalian dapat tidur berdekatan dan mati bersama. Namun, tidak dapat dipungkiri pada kenyataan, bahwa salah satu diantara kita akan tertinggal. Lawan untuk kebencian adalah cinta; lawan untuk tirani adalah cinta;  lawan untuk kejahatan adalah cinta; lawan untuk politik adalah cinta; dan juga lawan untuk peperangan adalah cinta.

Seorang lain berpikir bahwa cinta adalah ketika seseorang membuatmu merasa  lebih hidup dari yang pernah kamu alami. Ketika masa lalumu tidak serasa penting saat kamu anda di sekitar mereka. Cinta adalah ketika kamu hendak mengorbankan untuk apapun untuk berada di sekitar mereka. Cinta adalah ketika kamu mencoba untuk berbohong kepada seseorang, tapi kamu merasa tidak bisa. Cinta adalah ketika kamu menemukan dirimu melakukan beberapa hal dan mengubah gaya hidupmu yang caranya belum pernah kamu lakukan, hanya karena mereka. 

Seorang lagi berpikir bahwa, cinta adalah ketika kamu tidak dapat tidur karena kenyataan lebih baik daripada mimpi. Cinta itu tak terlukiskan. Tak ada yang dapat memahami kekuatan cinta, yang kita tahu hanya cinta itu begitu kuat. Orang-orang tak dapat menyatakan bagaimana rasa sebenarnya cinta, karena kebanyakan dari mereka tidak memiliki pengalaman mengenai cinta sejati. Ketika kamu jatuh cinta, kamu akan begitu sulit untuk keluar darinya. Cinta adalah setiap perasaan di dunia yang diikat menjadi satu makna yang menggembirakan. 

Ada pendapat lain lagi tentang cinta bahwa cinta berarti kepedulian, memahami perasaan, mendampingi ketika seseorang membutuhkanmu, membuat nyaman, mendengarkan, mengikat tali silaturahmi, dan sebagainya. Kamu adalah salah seorang yang akan membuang semua yang dihadapanmu untuk pergi menemui orang yang kau cintai dan berada di sana; apapun kondisinya. Cinta berada dalam hati seseorang, ia seperti sebuah perasaan, sebuah pemberian, sebuah sentuhan, dan sebuah pemikiran. Cinta dapat berupa apapun. 

Ada juga yang berpendapat bahwa cinata adalah ketika kamu tidak bisa tidur karena kamu memikirkan orang yang kamu cintai. Cinta adalah ketika kamu ingin berpelukan meskipun orang yang kita cintai sakit. Cinta ketika kamu merindukan seseorang yang pergi, kurang dari lima menit, meninggalkan rumah. Cinta adalah ketika kamu tidak dapat berpikir pada saat jauh dari orang yang kamu kasihi. Cinta adalah ketika kamu dapat melihat kebaikan seseorang melalui pribadinya, bukan dari penampilannya. 

Masih ada pendapat lain tentang cinta bahwa, cinta adalah sebuah hubungan mendalam antara seseorang dan seorang yang lain yang hubungan mereka adalah segalanya bagi mereka. Contohnya, jika kamu disakiti, diantara mereka tahu bahwa kamu sakit bukan dari faktor pribadi mereka, atau dari sesuatu yang mereka baca atau dengar tentangmu, melainkan dari apa yang mereka rasakan melalui orang lain. Cinta bukan hanya timbul di antara pria dan wanita. Cinta juga ada di antara ayah dan putra-putrinya, sahabat terbaik, dan para kerabat. Cinta itu melebihi dari sekedar ketertarikan fisik dan melebihi apapun

Pendapat lain juga berkata bahwa cinta berarti merasa percaya diri dan bangga pada apa yang kamu punya disampingmu. Kamu merasa senang, seperti kamu ingin berteriak pada seluruh dunia bahwa, kamu jatuh cinta dan kamu ingin dia mencintaimu juga. Cinta adalah tentang memahami satu sama lain dan untuk berbagi minatmu pada orang lain. Cinta adalah saling percaya pada satu sama lain dan kamu merasa seperti bisa mengatakan apapun pasanganmu. 

Semua inilah yang dimaksud cinta. Jika dalam kasus ini kamu masih bertanya, saya jatuh cinta, itu pasti adalah perasaan yang paling indah di dunia. Meski begitu, penulis berpendapat bahwa semua pendapat ini adalah, karena cinta adalah apa yang kita bangun dan yang kita ciptakan. Penulis juga berpendapat bahwa, Tuhan kita adalah wujud dari cinta sejati. Dia yang mengasihi kita, manusia, dengan ciptaan-Nya, nikmat-Nya, rejeki-Nya, dan juga firman-Nya. Tuhan yang mengatur setiap hati manusia, mudah bagi-Nya untuk membalikkan cinta menjadi kebencian serta membalikkan kebencian menjadi cinta. Terbukalah bagi orang lain serta rasakan apa yang mereka rasakan. Cintai orang lain seperti kamu mencintai dirimu sendiri.




Sewaktu aku muda, aku punya kebebasan, tapi aku tidak menyadarinya; aku punya waktu, tapi aku tidak mengetahuinya; aku punya cinta, tapi aku tidak merasakannya. Berpuluh-puluh tahun berlalu hingga aku memahami makna ketiganya. Sekarang, pada senja hidupku, pemahaman ini telah menjadi kebahagiaan. Cinta, kebebasan, dan waktu, yang dulu sangat melimpah, kini menjadi bahan bakar yang mendorongku. Cinta, yang terutama, kekasihku, untukmu, anak-anak kita, saudara-saudari kita… juga untuk dunia yang luas dan menakjubkan yang memberikan kita kehidupan dan membuat kita terus-menerus menebak. Dengan kasih sayang tak terujung, Sofiaku, selamanya milikmu.

- Ezio Auditore

(kutipan dari Assassin’s Creed – Embers a Short Film oleh Ubisoft)


terima kasih kepada Yasmin Ramadan yang telah membantu dalam pembuatan buku ini

TERBIT DI BUKU EKSPRESIKAN CINTAMU
PESERTA WORKSHOP MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU AFSOH PUBLISHER 

Tulisan lainnya dalam buku ini :

GENDAM NUSANTARA 919

Back to Top