-->

ARTIKEL ITU INVESTASI JANGKA PANJANG

 HIDUP DARI TULISAN 

Motivasi menulis yang saya share kepada teman-teman guru MI An-Nuur Gresik kemarin adalah kita membangun aset digital berupa artikel yang dikumpulkan di blog, Target menulis kita dua tahun dengan minimal 700 artikel per orang. Apabila dikerjakan secara keroyokan misal 9 orang maka dalam sebulan kita mencapai 270 artikel, kosisten selama 3 bulan maka tercapai 810 Artikel. 

Harapannya setelah 810 artikel ini, traffic blog mulai naik, kita tidak tahu seperti apa kunjungan blog, apabila mengacu kepada seorang seo optimiser dari turki yang benar-benar mengandalkan update tulisan dan membangun otoritas website maka ia berhasil mencapai kunjungan 300 ribu per bulan.

Pendapatan view adsense youtube sangat ditentukan oleh negara mana yang menontonnya, kalau Indonesia - khususnya blog yang aku bangun, aku melihat bahwa satu view = Rp 1, di blog dengan visitor orang luar negeri per view = Rp 10. Maka pendapatan berkisar Rp 300.000 - Rp 3 Juta. Kalau beruntung maka kita gajian per bulan 3 Juta. 

Rp 3 Juta dibagi 10 orang maka perorang mendapat Rp 300ribu, kalau mau menggunakan konsep 10% dibagi maka diambil Rp 300ribu digunakan untuk berbagi/ beramal maka Rp 2.700.000 dibagi 10 orang sehingga per penulis mendapat Rp 270ribu, angka yang lumayan untuk project di empat bulan pertama. 



MENGHITUNG UANG ADSENSE 

Dengan menghitung seperti ini membuat kita menjadi termotivasi. Ok - kita gunakan konsep di atas, sebagai acuan. Apabila dalam 3 bulan kita mampu membuat 810 Artikel - kita sederhanakan seperti target awalnya yaitu 700 artikel. dan gajian per orang Rp 270ribu. 

Dalam setahun ada 12 bulan, jika satu kita mampu selesai dalam 3 bulan maka dalam kita setahun kita mampu membuat 4 blog dengan niche berbeda-beda. 700 x 4 = 2.800 artikel, bukabkah cara ini sudah mampu bersaing dengan pemain blog-blog besar yang suka copy paste tulisan blogger personal? 

Selanjutnya kita hitung dengan empat blog maka Rp 270ribu x 4 = Rp 1.080.000 menjadi nominal yang diterima para guru MI Annuur di akhir tahun. Apabila dilanjutkan di tahun kedua maka akhir tahun berikutnya per orang mendapat Rp 2.160.000,- Angka yang cukup fantastis bagi penulis yang tinggal di desa dan menerima passive income dari menulis. 

Hal ini bisa salah, bisa benar, kita tidak pernah tahu. Kita menggunakan logika hitungan sebagai penyemangat untuk menulis. 

Rp 70 Juta per Bulan dari Blog 

Betapa terkejutnya kita, manakala ada seorang blogger dengan profesi sebagai guru mampu mendapatkan gajian dari blog Rp 70 Juta per bulan, dengan ketekunan menulis, menulis, menulis, berbagi manfaat. Atau seorang pakar manajemen yang monetize blog nya Rp 400 Juta per bulan, setelah aktif menulis selama 10 tahun. 

Yuk kita beda berapa jumlah artikel yang diupdate selama 10 tahun tiap hari senin?
dalam setahun ada 50 minggu, dilakukan dalam 10 tahun artinya blog tersebut memiliki 500 artikel, Nah angka ini kan - angka yang berada do bawah target yang aku pasang, yaitu 700 artikel, 700 kata. Maka Yakinlah kita bahwa dengan semangat kebersamaan ini, kita mencapai Angka tersebut. 

Andai 10% saja dari 400 Juta maka kita dapatkan 40Juta, dibagi 10 orang maka pendapatan menjadi Rp 4 juta per bulan di bulan keempat. Nah, hal ini sungguh sangat menginspirasi dan tidak sabar untuk segera menulis artikel dengan harapan - impian dapat duit bulanan dari blog. 

SATU BUKU PER 3 BULAN

Memvisualisasikan kesuksesan sungguh menyenangkan dan masuk ke ranah bawah sadar, membiarkan hal tersebit menjadi GPS penuntun kita dalam membuat artikel blog adsense. tetapi, kita gunakan logika sebaliknya, bagaimana bila pengunjung tidak seramai yang kita bayangkan? kenyataan tidak seindah sebagai perencanaan? 

Tenang, masih ada poin kedua yaitu Tulisan-tulisan tersebut kita kumpulkan dan dijadikan buku untuk diterbitkan. formatnya ringan saja, membuat buku keroyokan bersama. format halaman 150 sampai 200, dalam bentuk buku saku 14x20 cm, terbit di Afsoh Publisher. targetnya paling lama dalam 3 bulan - terbit satu buku. 

Dapat kita bayangkan bila ada 2.800 artikel maka sudah berapa banyak buku Antologi Artikel yang dapat dicetak dan dijadikan buku? Kita gunakan asumsi bila 5.000 kata setara dengan 20 halaman A4, maka untuk satu buku (100 halaman) kita butuh 2.500 kata. 

Asumsi 2.800 artikel itu setara dengan 2.800.000 kata, asumsi per artikel 1.000 kata, maka kita mampau membuat berapa buku? entahlah mungkin hitunganku salah, karena kebenarannya akan terungkap saat kita bertindak di lapangan melalui pembuktian. 

KARIER IKUTAN SETELAH BUKU DAN BLOG 

Aku sudah membuktikan dengan menjadi penulis buku dan blog, aku diundang menjadi narasumber, artinya uang tambahan karena menjadi pembicara, masuk koran, tv, dan terus begitu prosesnya. KAlau dahulu semua masih terbatas narasumber offline, maka tidak menutup kemungkinan kita menjadi narasumer online sengan jangkauan yang lebih luas. 

Karier berikutnya menjadi youtuber, pembaca blog kita konversi menjadi subscriber. dari sini kita dapat menebak kemana arah youtuber? Jawabnya aset digital, passive income dan auto transfer ke rekening. Semua dapat kita wujudkan - apabila kita mulai action dengan menulis. 

Menulis seperti ini caraku berfikir, aku berfikir dengan menulis, menekan tuts keyboard laptop dan mengijinkan pikiranku memunculkan tanya dan aku jawab sendiri - inilah aku, kualitas tulisanku berdasarkan kualitas pertanyaan dan jawaban yang diberikan oleh pikiran bawah sadarku. 

Perlu teman-teman ketahui, proses menulis seperti ini sangat lancar dan automatic!




ILYAS AFSOH - 0858-6507-9257
BLOGGER INDONESIA

GENDAM NUSANTARA 919

Back to Top