-->

Free Writing

| 7:52 PM |

 FREEWRITING

As Laksana

Freewriting selalu bisa anda jadikan cara favorit untuk mengalirkan gagasan, dan ia juga akan menjadi cara yang bagus untuk melatih keterampilan menulis. Anda dapat menggunakannya untuk menulis apa pun, dalam gaya apa pun, atau tidak bergaya sama sekali. Intinya hanya anda menulis secepat-cepatnya dalam waktu tertentu—bisa lima menit, bisa sepuluh menit. Anda sendiri yang memutuskan.


Anda bisa juga menggunakannya sebagai pemanasan sebelum mulai mengerjakan hal lain. Anda hanya perlu menulis secepat-cepatnya, menghasilkan tulisan sebanyak-banyaknya dalam waktu lima atau sepuluh menit.


Ide dasarnya adalah anda membiarkan pikiran anda mengalir, selancar-lancarnya, tanpa menyensor diri. Seringkali anda mendapatkan ide untuk sebuah tulisan ketika anda melakukannya. Jika anda menulis fiksi, mungkin dari freewriting itu anda menemukan karakter atau benih untuk sebuah adegan.


*


Freewriting 5 menit sebagai pemanasan:


Saya tidak tahu akan menulis apa sekarang ini. Saya melakukan freewriting siapa tahu mendapatkan gagasan untuk saya kembangkan menjadi tulisan panjang, tetapi saya tidak akan memikirkan itu. Syaa hanya perlu menulis secepat-cepatnya, tidak peduli apakah kalimat saya bagus atau jelek, saya tidak berniat memukau orang dengan freewriting ini. Mungkin ada hal-hal yang bisa saya tulis tetapi saya tidak tahu bagaimana memulainya. Mungkin ada topik tertentu yang saya ingin tulis, tetapi saya tidak memiliki cukup informasi untuk menjadikannya tulisan panjang. 


Pada dasarnya, saya tidak tahu apa-apa saat ini. Saya hanya menulis ini untuk melemaskan jari-jari saya. Itu saja. Saya ingin menjadikan jari-jari saya lebih terampil menghasilkan kata-kata, saya ingin membuat pikiran saya tidak terlalu cerewet. Jika dia tetap cerewet, saya akan bilang saja kepadanya, “Saya bisa lebih buruk dari ini jika kamu mau, dan saya sedang membuktikan hal itu sekarang. Kamu puas?” 


Jadi, berhentilah cerewet, Su!


Banyak orang ingin menulis dan mereka berhenti pada keinginan. Mereka tidak pernah benar-benar menulis dan ketika mereka menulis mereka tidak tahu apa yang hendak mereka tulis. Kosakata mereka terbatas dan tulisan mereka menjadi membosankan karena kosakata mereka terbatas. Saya pikir mereka perlu banyak membaca. Membaca akan membuat anda lebih  memiliki banyak kata untuk menuliskan gagasan-gagasan anda.


Jika anda tidak suka membaca, itu masalah anda sendiri. Saya hanya menyampaikan apa yang saya pikir baik bagi orang-orang untuk melakukannya. Tetapi memang tidak semua orang cakap membaca. Membaca adalah suatu keterampilan, membaca memerlukan daya tahan, membaca memerlukan… 


(Stop. Sudah lima menit.)

GENDAM NUSANTARA 919

Back to Top