-->

APA SAJA ATURAN MENULIS?- ILYAS AFSOH

| 12:00 AM |

PAHAMI KETENTUAN MENULIS 

Aturan menulis yang saya terapakan di setiap tulisan saya adalah tidak ada aturan, karena aturan yang baku menurut saya di dalam menulis adalah menulis saja. Kadang jika saya harus mengikuti aturan dalam menulis maka ide-ide terbaik saya menjadi hilang, kalimatnya mandek tidak mau jalan, dan tidak sesuai dengan hati saya yang ingin berekspresi secara bebas dan menuangkannya menjadi karya “SEHEBAT” yang saya bisa.

Aturan menulis yang saya ikuti selain tanpa aturan jelas, saya menerapakan menulis dengan mencontoh karya yang sudah ada. Caranya saya perhatikan bagaimana sebuah tulisan itu dibuat, seperti memperhatikan sebuah buku yang terbit, bagaimana  desain covernya, persembahan, testimoni, tata letaknya, gambar, pendukung tulisan, daftar pusatakanya, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan terbitnya sebuah tulisan yang menjadi buku.

Aturan menulis yang lain, yang mungkin dijadikan patokan oleh penulis buku best seller dan dijadikan materi seminar mungkin saja awalnya adalah pembelajaran otodidak, belajar sendiri lalu dilanjutkan dengan belajar di institusi tertentu sehingga tulisannya menjadi semakin berkualitas. Yang ingin saya tekankan dalam aturan menulis ini adalah ikuti saja aturan yang membuat Anda semakin berdaya dalam menerbitkan sebuah karya tulis. Lalu ketika karya Anda sudah bisa dinikmati, Anda berhak membuat aturan menulis secara tersendiri.

DETERMINASI DAN KERJA KERAS 

Satu hal yang ingin saya tambahkan dalam aturan menulis, bisa juga disebut sebagai aturan menulis yang tidak baku. Hal itu disebut ketekunan menulis. Tanpa ketekunan dan kesabaran dalam menulis maka bisa dibayangkan bagaimana karya tulis itu bisa selesai? Ketekunan menulis yang diimbangi dengan kerja keras dalam dunia kepenulisan merupakan resep unggulan yang memastikan sebuah karya bisa hadir, bahkan karyanya mampu bertahan bahkan ketika penulisnya sudah berada jauh di luar dunia.


GENDAM NUSANTARA 919

Back to Top