-->

BIODATA PENULIS ANTOLOGI CERPEN - PELANGI CINTA

| 9:15 AM |

 Pelangi Cinta Kikan, Akhir yang Semu

Pink Vs Abu-Abu

Nama               : Avikasari (Hyukvie)

Ttl                   : Semarang, 12 Juli 1993

Alamat             : Kp. Kauman Gunungpati, Semarang

Hoby                : Membaca komik

Cita-cita           : Dosen

Moto Hidup     : berjuang dan terus semangat bagai naruto dan rajin belajar bagai sakura

 

Classic Love

Nama               : Mayang Zaim Fida S.

Ttl                   : 21 September 1993

Alamat             : ds. Jleper kec. Mijen kab. Demak

Hoby                : Traveling

Cita-cita          : menjadi budayawan, ahli Kimia

Moto hidup      : Man Jaddah Wa Jaddah

One Side Love

Nama               : Nurul Indah Saputri

Ttl                   : Boyolali, 14 Agustus 1993

Alamat            : Sendang Lo Temon Simo, Boyolali

Hoby                : nonton drama

Cita-cita           : guru

Moto Hidup     : melakukan yang terbaik karna Allah

 

The Silent Heart

Nama               : Hesti Heidiyanti (Park Jee Yeum)

Ttl                   : Kendal, 7 Maret 1996

Alamat             : Ds. Ngumpul Boja

Hoby                : membaca buku pelajaran

Cita-cita           : President

Moto Hidup     : Mati satu tumbuh seribu

 

 

 

Dibawah Rinai Hujan

Bidadari Bayangan Matahari

Nama               : Nita Rahmawati (Hoshino Nami)

Ttl                   : Semarang, 1 Desember 1992

Alamat            : Ds. Terwidi Plalangan Gunungpati

Hoby                : Membaca Novel

Cita-cita           : Penulis

Moto Hidup     : Menerima keadaan bukan berarti mengalah pada kenyataan

 

Putri Jelek dan Pangeran Ganteng

Nama               : Meutia Anis

Ttl                   : Semarang, 14 Oktober 1993

Alamat            : Jl. Cempakasari Sekaran Gunungpati

Hoby                : Menari

Cita-cita           : Penari

Moto Hidup     : Buat cerita hidup yang luar biasa dan cari pengalaman hidup sebanyak-banyaknya

Frienship Story, Find New Friend

Nama              : Niken Rizky W. (Aoi Rizky)

Ttl                   : Kerinci, 13 Februari 1993

Alamat            : Kp. Magersari Gunungpati

Hoby                : Membaca Novel

Cita-cita           : Desainer

Moto Hidup     : Selalu tersenyum, karena senyum bisa merubah duniamu

 

Kejutan untuk Vie

Nama               : Airenda Nurika H.

Ttl                   : Pati, 7 Juni 1992

Alamat            : Ds. Tayu Ngablak Pati

Hoby               : Mendengarkan Musik

Cita-cita           : Psikolog

Moto Hidup     : Semua dijalani dengan Santai


KATA PENGANTAR

 

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT. Selangkah lebih maju telah diterbitkannya kumpulan cerpen karya Mahasiswa Universitas Negeri Semarang.

Cerpen ini mengusung tema tentang cinta. Cinta dalam cerpen ini bukan hanya cinta kasih sepasang kekasih namun mencangkun juga cinta persahabatan. Senang sekali dapat menghasilkan sebuah karya yang cukup membanggakan, melalui sebuah kegiatan menulis.

Semoga cerpen ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Kami segenap penulis minta maaf bila ada suatu kesalahan kata dalam cerpen ini. Terimakasih.

 

Penulis,


 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR…………………...     ii

DAFTAR ISI……………………………..    iii

SINOPSIS DAN IMAJINASI HIPERBOLA PARA PENULIS…………………………………    iv

 

One Side Love…………………………....    1

Dibawah Rinai Hujan………………….....    20

Pelangi Cinta……………………………..    38

Kejutan untuk Vie………………………..    61

Putri Jelek dan Pangeran Ganteng……….     78

The Silent Heart………………………….    92

Classic Love……………………………...    111

Friendship Story………………………….    130

Pink Vs Abu-Abu………………………...    146

Bidadari Bayangan Matahari……………..   162

 

IDENTITAS PENULIS……………………  183

SINOPSIS DAN IMAJINASI HIPERBOLIS

PARA PENULIS REMAJA

 

            Pertama-tama terucap “Selamat” layak diberikan kepada para penulis cerpen dalam buku ini. Meskipun mereka dalah para penulis pemula, namun mereka telah berhasil menjadi calon penulis yang dapat membuahkan sebuah karya. Hal itu dintandai dengan keberhasilan para penulis dalam menyelesaikan sebuah cerita yang mereka buat sendiri berdasarkan imajinasi yang mereka miliki. Meskipun menilus tampak hanya duduk didepan layar computer dan mengetik dengan cepat, namun hal itu juga menguras banyak tenaga. Dengan terselaesaikannya cerita ini pastilah ada perasaan “lega” dalam diri para penulis.

            Kumpulan cerpen ini mengusung sebuah tema yaitu “cinta”. Karena itu cerpen ini dipenuhi oleh cerita-cerita cinta roman yang berakhir menyedihkan ada juga yang bahagia, namun adapula cerita cinta dalam arti cinta sebuah sahabat, yang mengisahkan kukuhnya suatu persahabatan. Membaca sepuluh kisah cinta ini akan memberikan pembaca imajinasi-imajinasi yang indah. Karena kisah-kisah dalam setiap cerita ini berdasarkan imajinasi penulis dan beberapa dari kehidupan nyata. Kejadian nyata yang berlangsung setiap hari, bagi sebagian orang hanyalah sebagai kegiatan lalu saja, namun ditangan penulis setiap hal dalam hidup dapat dituangkan menjadi sebuah cerita yang menarik.

            Sebuah cerita identic dengan keindahan kata, namun dalam beberapa cerita ini ada yang ditulis dengan lugu. Tulisan yang tertuang mengalir begitu saja berdasarkan imajinasi penulis tanpa memperdulikan keindahan kata, sehingga cerita terlihat sederhana dan mudah untuk langsung dipahami jalan ceritanya. Namun adapula yang menggunakan keindahan kata untuk lebih mempertajam setiap cerita yang tertuang didalamnya.

            Dalam kumpulan cerpen itu, diambil sebuah judul Pelangi cinta, karena ada berbagai macam cinta tertuang dalam buku ini. Inilah sinopsis sepuluh cerita yang tertuang dalam buku ini.

“One Side Love”

Cerita ini tentang cinta pertama Zahrana. Cinta pertama yang ia rasakan saat ia dikelas 12 sekolah menengah atas. Perasaan yang bahkan dia tidak percaya dapat mendapatkannya, karena selama ni Zahrana hanya memikirkan sekolah, sekolah dan belajar dia tidak pernah tahu apa itu cinta. Sampai akhirnya ada seorang lelaki yang dapat meruntuhkan dinding cintanya. Namun karena kepribadian Zahrana yang pemalu, cinta itu tidak pernah tersampaikan pada laki-laki itu, hingga akhirnya laki-laki itu mempunyai seorang pacar. Hal itu membuat Zahrana sakit hati, cinta pertama mengilang begitu saja, namun perasaannya pada laki-laki itu tak dapat hilang begitu saja.

 

“Di Bawah Rinai Hujan”

Cerpen ini menceritakan tentang seorang laki-laki yang sangat membenci hujan. Karena baginya hujan selalu membawa duka. Dia memiliki pengalaman buruk disaat turun hujan, mulai dari kehilangan ibunya sampai melihat penghianatan kekasih dan sahabatnya. Hatinya selalu dirundung pilu seperti mendungnya awan sebelum hujan yang tak menitikkan cahaya mentari sedikitpun. Sampai akhirnya dia bertemu dengan seorang gadis ditengah derasnya hujan yang mengguyur.

 

“Pelangi Cinta”

Kisah ini menceritakan tentang perjalanan cinta kikan. Kikan memiliki kisah cinta yang selalu mengalami kegagalan, yang membuatnya comblo hingga diusia 20 tahun. Namun suatu hari seperti menang sebuah lotere, kikan mendapat kesempatan pergi ke Negara gingseng. Disana dia bertemu dengan cintanya, namun cinta itu tak bertahan lama, cinta itu hanyalah cinta sesaat yang cukup membahagiakan baginya.

 

“Kejutan Untuk Vie”

Menceritakan tentang persahabatan. Dimana tiga sahabat ingin memberikan kejutan ulang tahun pada sahabatnya yaitu Vie. Namun karena sesuatu hal kejutan yang telah direncanakan terpaksa harus dibatalkan, namun mereka tak berputus asa. Mereka membuat planning-planning kejutan yang lainnya untuk Vie. Yang pada akhirnya kejutan tak terdugapun didapatkan Vie dari sahabat-sahabatnya.

 

“Putri Jelek dan Pangeran Ganteng”

Cerita mengenai seorang gadis yang memiliki sebutan Putri Jelek. Sebutan itu dia dapatkan dari seseorang yang dicintainya yang juga sering dipanggil Pangeran Ganteng. Putri Jelek selalu menunggu pangeran ganteng, dia tak pernah melupakan kenangan-kenangannya bersama kekasihnya itu. Namun sayang sekali maut harus memisahkan kisah cinta mereka, pangeran ganteng telah meninggalkan putri jelek selama-lamanya. Saat itulah putri jelek terpuruk sedih, kesedihan yang tiada henti dalam hatinya. Hingga sepucuk surat dari pangeran ganteng memberikan semangat hidup baginya lagi.

 

“Silent Heart”

Cerpen ini menceritakan tentang cinta Sassy. Yang berawal dari pertemuannya dengan seseorang yang bermain suling disebuah taman, hingga pertemuan dan pertemanannya dengan seorang murid pindahan. Sassy mencari siapa pemain suling itu, hingga dia menganggap bahwa teman pindahannya itu adalah pemain suling itu, namun dugaannya salah. Pada akhirnya dia berhasil bertemu dengan pemain suling itu, yang juga membuat Sassy suka padanya. Namun takdir berkata lain, laki-laki itu telah memiliki pasangan hidup. Akhirnya cinta Sassy akan terus terpendam tak terkuak dalam kenyataan.

 

“Classic Love”

Cerita ini tentang kisah cinta Elisa. Kisah Elisa ini berawal dari perasaan kehilangannya pada sahabatnya Revan. Perasaan kehilangan itu seperti membuat suatu kekosongan di hati Elisa, hingga muncul hasan sahabat SMA nya yang tiba-tiba menyatakan cinta padanya. Namun Elisa hanya menganggap Hasan sebagai sahabatnya saja, tidak lebih dari itu. Lalu suatu hari dia bertemu kembali dengan sahabat lamanya yang telah bertahun-tahun tak bertemu. Revan. Pertemuan itu mengakrabkan kembali mereka, hingga tiba-tiba Revan menyatakan cinta pada Elisa sampai akhirnya mereka jadian. Namun itu hanya berjalan satu tahun, hingga akhirnya Elisa menemukan cinta baru, yang membuatnya berada diantara dua cinta.

 

“Friendship Story, Find New Friend”

Ini adalah kisah persahabatan diantara empat sahabat sejak kecil. Mereka adalah Ririz, Dido, Vivi, dan Rara. Mereka berempat memiliki rencana untuk jan-jalan ke pusat kota. Disana mereka menemukan teman baru, yang akhirnya menjadi sahabat baru bagi mereka. Seseorang yang baru Vivi, Ririz dan Rara kenal, namun langsung terasa akrab. Dia juga adalah sepupu Dido, yang akhirnya menjadi bagian dari persahabatan mereka berempat.

 

“Pink Vs Abu-Abu”

Cerpen satu ini tentang curhatan tentang kisah cinta sahabatnya. Sahabatnya yang bernama Rika memiliki kisah cinta yang beragam dengan berbagai jenis laki-laki, hingga dia harus berada di ujung ketepatan hatinya yang dihadapkan pada dua aura laki-laki yang berbeda yaitu pink dan abu-abu. Namun Rika tetap mempertahankan cinta diantara kedua pengisi hatinya itu, meskipun pada akhirnya dia harus memilih satu diantara kedua warna itu.

“Bidadri Bayangan Matahari”

Kisah ini bercerita tentang kisah cinta seorang gadis. Gadis pemimpi yang mendambakan seorang pangeran dalam hidupnya, hingga suatu ketika ia bertemu dengan seseorang yang menjadi pangeran dihatinya. Pangeran yang memberikan kehangatan bagi semua orang. Gadis itu ingin sekali dekat dan mengenal sang pangeran itu, hingga akhirnya dia terus mengejar pangeran itu. Karena tingkahnya itu dia mendapatkan julukan bidadari bayangan matahari. Meskipun begitu pada akhirnya dia mau melepaskan cahaya matahari itu, ia tak ingin menjadi bayangan bagi cahayanya, dia ingin membebaskan sang pangeran impian dan memendam rasa cintanya.

 

Diakhir catatan dalam buku ini, kami mencatat bahwa yang terpenting dalam mengawali sebuah kegiatan menulis adalah membebaskan diri untuk berimajinasi dan berfikir kreatif, serta terus mencoba menghasilkan sebuah karya yang indah.

Salam

 

Semarang, 12 Agustus 2013

Avikasari





ANTOLOGI CERPEN : PELANGI CINTA 
PRAKTEK MENULIS WORKSHOP AFSOH PUBLISHER 2013
MAHASISWA UNNES

DAFTAR ISI ANTOLOGI :

MATAHARI 

GENDAM NUSANTARA 919

Back to Top