-->

INSPIRASI TAK TERDUGA MENULIS BUKU BARU

| 12:00 AM |

 Inspirasi Menulis

Tepatnya adalah Inspirasi melalui Senam Otak.

Senam Otak dan Menulis, apa Hubungannya? Hubungannya baik-baik saja. Senam otak adalah gerakan sederhana yang menyenangkan yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan belajar dengan menggunakan keseluruhan otak. Demikian adalah definisi yang saya dapatkan dari buku Brain gym. Tentu saja definisi ini tidak ada hubungannya dengan teknik menulis kecuali Anda telah menguasai keseluruhan gerakan Brain Gym secara penuh.

Di internet cukup banyak artikel bahkan video tentang senam otak, tetapi alangkah baiknya jika Anda belajar langsung kepada seorang guru bukan hanya melalui browsing interet atau membaca buku. Kabar baiknya adalah saya telah mendesain pelatihan senam otak secara total dengan waktu 3 jam. Pelatihan tersebut full version, karena ketika mengikuti seminar atau training Brain Gym ini hanya diberikan sepotong-sepotong itupun hanya menyentuh gerakan silang, gerakannya pun hanya terbatas.

Sebelum menulis siapkan dulu air putih untuk diminum, meminum air putih ini sebagai persiapan atau gerakan awal sebelum melakukan brain gym dan sebelum menulis. Tujuan minum air putih ini adalah untuk menghimpun tenaga, karena menulis pasti membutuhkan tenaga. Yang pasti, air putih sangat bagus untuk otak kita. Selain air putih, Anda boleh mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung air.

STRUKTUR INSPIRASI "BUATAN"

Setelah minum air, gerakan pertama yang harus Anda lakukan dalam senam otak adalah pijat saklar otak (ada yang menyebutnya juga tombol otak). Tujuan gerakan ini yaitu mengaktifkan otak untuk CLEAR (sehingga Anda mendapatkan kejelasan tentang topik yang Anda tulis dan anda bahas sampai ke detail-detailnya), meningkatkan penerimaan oksigen, meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan aliran elektromagnetik.

Saklar otak adalah jaringan lunak di bawah tulang selangka di kiri dan kanan tulang dada lalu dipijat dengan satu tangan, sementara tangan yang lain memegang pusar. Saat memijat atau menekan saklar otak lakukan tarikan nafas panjang dan keluar secara pelan-pelan. Ulangi gerakan sampai tiga kali tarikan nafas.

Gerakan selanjutnya adalah gerakan silang, gerakan ini bertujuan membuat imbang otak bagian kiri dan kanan.
Istilahnya menyeberangi garis tengah sehingga kedua belahan otak kita bisa bekerja sama, plus kita menjadi terbuka terhadap hal-hal baru, terbuka terhadap ide-ide baru yang deras mengalir di pikiran kita sehingga buku yang kita tulis tidak kering inspirasi. Jadi lakukan gerakan silang. Inti gerakan silang adalah mempertemukan gerakan tangan bagian kiri dengan kaki bagian kanan dan sebaliknya.

TUBUH DAN PIKIRAN SALING BERKAITAN

1

2

5

4

3

Gerakan senam otak selanjutnya yaitu kait relaks [hooks-up] tujuan gerakan ini adalah pemusatan emosional, artinya mengkondisikan Anda untuk selalu berada dalam emosi positif. Ketika emosi positif maka menulis menjadi menyenangkan dari awal sampai terakhir. 

Perhatian kita pada topik yang kita tulis tetap terjaga dan tidak melebar kepada hal-hal lain yang tidak ada kaitannya. Gerakan ini menyatukan tangan kiri dan kanan lalu mendekapnya di dada serta kaki ikut disilangkan kemudian lidah menyentuh langit-langit rongga mulut. Gerakan ini ditahan sementara kita menarik nafas, lalu menyimpan napas di perut semampunya dan lepaskan napas. Tarikan  napas diulangi tiga kali.

Fungsi lain senam otak membuat pikiran kita ON (baca terbuka), kita menjadi santai, gembira dan positif. Istilahnya RAS [Reticular Activating System] kita sudah terbuka. Senam otak sangat mendukung aktivitas menulis karena melalui gerakan-gerakan senam otak, kita bisa menyingkirkan depresi, tekanan, sampai suasana hati yang tidak nyaman.

SAAT MALAS DATANG 

Gerakan senam otak yang lain yaitu Lazy 8 (delapan terbaik). Tujuannya untuk menghalau kebosanan saat menulis, merusak pola-pola yang tidak memberdayakan, melepaskan ketegangan pikiran kita, meningkatkan kesadaran, konsentrasi. Variasi dari gerakan lazy 8 ini sangat beragam, yang saya tampilkan di sini : menuliskan angka 8 berulang-ulang pada kertas. Atau kita menuliskan angka 8 secara terbalik dengan gerakan tangan kita secara bergantian, baik kanan atau kiri. Variasi lainnya menggunakan sikut kita.

GENDAM NUSANTARA 919

Back to Top