-->

APAKAH AYAH/BUNDA SUKA MENULIS? JADIKAN DUIT YUK !

 DI RUMAH SAJA DAPAT UANG DARI INTERNET 

Untuk dapat uang online dari internet caranya sangat beragam, berdasarkan pengalamanku sebagai praktisi internet marketing sejak 2008, saat aku menulis blog ilyas afsoh di wordpress.com (Blog gratisan) dan ilyasafsoh.blogspot.com aku menemukan cara yang sampai saat ini sangat efektif untuk mendapat uang dari blog yaitu jualan produk/jasa. 

Produk yang aku jual secara online waktu itu berupa buku Cara Menulis dan Menerbitkan Buku Sendiri terbit oleh Afsoh Publisher - Penerbit Indie Indonesia, jualan nasi kotak dan tumpeng semarang melalui blog neo catering 919, dan saat ini mulai membangun blog iai properti untuk jualan rumah di Kota Semarang. 

Dan melalui blog ini, aku menjual kelas pelatihan internet marketing berdasarkan pengalamanku menghasilkan uang secara online, apa saja yang aku ajarkan nantinya adalah praktek diriku bergelut di dunia digital baik secara otodidak maupun workshop yang aku ikuti. 

Ayah Bunda Kerja Di rumah dengan Internet Marketing 


MATERI INTERNET MARKETING :

 Kita mulai belajar internet marketing dengan riset kata kunci, menggunakan tools gratis seperti google sugest, trend google, keyword planner, dan tools kata kunci lain yang sangat banyak di internet, di sini dibutuhkan ketekunan untuk mulai riset.  

Langkah kedua yaitu perubahan mindset atau pola pikir, bagaimana menggunakan internet dengan baik dan bijaksana, dimana duit-duit online itu berada, dan kemana fokus mau kita arahkan? Ini sangat menentukan kesuksesan di dunia digital marketing. Dan saya termasuk praktisi yang fokus menulis artikel dan update blog sebagai aset digital. 

Memang menulis blog itu butuh kesabaran dan tidak bisa instan apalagi dengan pemain-pemain besar yang mulai membuat blog dan menulis artikel dengan hire penulis-penulis - tetapi ini adalah sebuah hal yang sangat nyata adanya, siapa yang tekun pasti panen. 

PENGALAMAN JUALAN ONLINE :

Aku juga mulai buka akun di marketplace tokopedia, dan alhamdulillah closing pecah telur dari tokopedia sudah aku dapatkan, artinya memang ada duit di sana. Sebut saja misalnya jual beli di Tokopedia, shopee. lazada, bli-bli, dan masih banyak platform lainnya yang luar biasa menjamur. 

Apakah perlu secara khusus untuk membrandingkan diri sebagai apa? tentu saja boleh. Aku mengkhususkan membahas topik per topik yang aku dapatkan di dunia digital, misal google adsense yang awalnya aku diterima dalam setahun hanya dapat saldo Rp 300,- kemudian aku fokus dan terus menulis, maka ada perubahan signifikan dari Rp 300 setahun menjadi per bulan. Lalu terus tekun menulis artikel, sekarang tembus Rp 10.000 per bulan. 

Aku punya mindset bahwa apapun yang aku lakukan semuanya menjadi uang, maka aku arahkan - aku tulis ulang apapaun yang kerjakan di blog ini  sehingga ketika banyak orang baca tulisan ini, aku mendapat tambahan saldo adsense, dari view dan klik. Dari pantauanku pendapatan per view dari blog bervariasi ada yang Rp 0,5 per view, ada yang Rp 1 sampai Rp 30,- kalau view besar biasanya dari negara berbahasa inggris seperti amerika dan eropa. 

HOW TO BRING READERS FROM AMERICA  ?

 Inilah pertanyaan dariku antara membuat tulisan bahasa inggris mengandalkan bing translataor atau menulis blog dengan bahasa Indonesia? Konon ada juga blogger yang mendapat 32 Juta per bulan dari blog bahasa Indonesia, dan ada yang tembus Rp 100 Juta bahkan Rp 1 Milyar seperti legenda kampung blogger. entah sekarang apakah masih aktif atau tidak komuniats blogger magelang tersebut? 

Sejak 2008 aku sudah dengar tentang blogger adsense tetapi aku terbatas akses, justru setelah tahun 2016 kalau tidak salah, artinya setelah 8 tahun, blog aku baru diterima di program google adsense, itupun belum menerima pin karena belum sampai 10$ sampai tulisan ini dimuat. 

Kabar baiknya, aku tidal menjadikan adsense blog yang utama, aku jadikan sebagai bonus dari ketekunan menulis online, sebab di sela-sela tulisan online ini aku jualan produk dan jasa. teman-teman dapat melihat di halaman blog, apa saja yang aku jual melalui blog ini. Setidaknya ada empat blog yang aku optimasi terkait pemberdayaan diri yaitu : 

  1. NLP AND COACHING 
  2. HIPNOTIS HIPNOTERAPI 
  3. PUBLIC SPEAKING 
  4. INTERNET MARKETING , lalu aku nambah dua blog lagi. 
  5. CATERING 
  6. UMROH DAN HAJJI (SEBENTAR LAGI)  

STANDART MENULIS BLOG :

Awalnya aku dulu sangat idealis untuk menulis 1.000 kata per hari, tetapi karena keterbatasan waktu dan hal lainnya seperti mengurus anak- antar jemput dan target posting per hari maka aku putuskan minimal 500 kata per posting, caranya aku copy semua tulisan di blogger ini dan aku paste di ms.word lalu aku lihat di pojok kiri bawah apabila melebihi 500 words maka aku sudahi dan aku publiskasikan. 

Sebenarnya tulisan ini dapat dioptimasi sampai mendapat 1.000 kata agar menjadi konten pilar - atau sekalian dikembangkan menjadi 5.000 kata. faktanya untuk mendapat 5.000 kata aku butuh satu minggu-an atau setara dengan 5 hari, artinya seribu berhenti, lanjut seribu besok lagi dan setyerusnya dicek sampai dapat 5.000. 

itu adalah pendapat seorang blogger, aku puny apendapat sendiri dengan praktek sendiri, kuncinya kenyamanan diri, dan konsistensi. Dan memang ada sisi positifnya yaitu semakin panjang konten maka semakin banyak iklan yang tayang di sebuah artikel artinya semakin banyak uang yang di dapat oleh blogger. 




ILYAS AFSOH - 0821,4150,2649
Digital Marketer Indonesia Tinggal di Semarang.   

GENDAM NUSANTARA 919

Back to Top