-->

MENULIS BUKU BEST SELLER

| 11:17 PM |

 Tulisan ini terisnpirasi oleh Training menulis buku best seller yang pernah saya ikuti di Kota Surabaya dengan narasumber Pak Frans M Royan. Awalnya saya tidak kenal beliau, saya diajak gabung di kelasnya Sam Desaign Waktu itu dan menghadirkan Pak Nanang Sebagai Perwakilan dari gagas Media. Tunggu ya poin-poinnya sedang saya ingat-ingat apa saja yang telah saya dapatkan dari Training sehari tersebut. 

Setalah aku dapatkan bukunya- aku merasa bahwa ilmu ini ada yang perlu di-update, dan ide-ide universalnya tetap dapat dipakai hingga kapanpun (Baca Abadi sepanjang zaman). 

MENULISLAH! JADIKAN UANG

Dari buku yangaku baca di Gramedia kemarin, seorang jenius kaya dari penulis dipegang oleh JK Rowling, yang menulis Harry Potter - sebuah sihir yang mengubah dirinya menjadi wanita, hak cipta, royalti, bayangkan saat naskah harry potter diangkat menjadi layar lebar -film. Dari sini kita belajar bahwa, untuk kaya dari menulis, maka menulislah karya yang layak dijadikan film, apalagi film internasional. 

Mau tidak mau, akan lebih berkesan bila Anda menulis dalam bahasa Inggris dengan pasar internasional, kalau Anda menulis bahasa Indonesia maka karya Anda hanya dibaca masyarakat Indonesia dan melayu. Kecuali Anda mau menunggu selama beberapa dekade sampai naskah Anda diterjemahkan ke bahasa Asing. tetapi saya ragu, saat karya Anda diterjemahkan - apakah ANda sempat menikmati royaltinya? 

Saya tidak punya akses untuk mengetahui berapa uang yang diterima Bu Asma Nadia saat novel dan bukunya diangkat jadi film, seperti surga yang tak dirindukan, Atau kang Abik yang pernah jadi legend dengan ayat-ayat cinta-nya. Buku yang aku beli dari toko buku karya Habiburahman Alsirazy yaitu Bumi Cinta. Kalau ngomongin bumi, jadi ingat karya Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. 

KURSUS MENULIS Rp 60 Juta Per Event 

Bagi Anda yang pernah mendengar, membaca atau ikut di kelas melukis kalimat, maka saya sampaikan dengan asumsi bila peserta yang ikut sebanyak 100 Orang dengan harga Rp 600 ribu maka dalam sekali event, Trainer mendapat uang Rp enam puluh juta rupiah per event. Dan Aku berasumsi bahwa cukuplah untuk hidup dalam dua bulan- apabila kebutuhan hidup Penyelenggara sebesar Rp 30 Juta per bulan. Maka, beliau tinggal baut event pelatihan Menulis tiap dua bulanan. 

Artinya bisnis menulis ini, bukan bisnis main-main, tetapi aku di sini menulis sebanrnya sebagai bahan curhat saja, menumpahkan isi hati, aku menuntut diriku untuk konsisten menulis - ya, hanya menulis saja, tanpa ada target apapun kecuali mengikuti dorongan batin untuk ketik mengetik di atas laptop Asus Baru yang aku beli cash di Toko Komputer Semarang, hasil uang tabungan Training Hypnosis dan Public Speaking. 

Aku juga melihat iklan-iklan menulis online dari tempo, dari Trainer Menulis Surabaya, dari penulis online jogja, dan entah dari siapa lagi - banyak sekali pelatihan menulis digital, sementara diriku menjual hypno writing, dengan hasil yang mulai merangkak naik dengan model tulisan semau-maunya diriku dengan bukti blog- yang aku rawat dengan kunjungan 10 ribu per bulan. 

TOGAMAS SEMARANG SUDAH LAMA TUTUP

Hal yang aku sayangkan adalah tutupnya toko buku Togamas di Bangkong, sebab di sana aku dapat akses harga buku-buku murah dibanding beli buku Gramedia Pandanaran. Namun sekarang, aku dikondisikan untuk membeli buku di Gramedia dan mulai beralih belanja online via Tokopedia. Dari sini aku menemukan link Togamas online dan beberapa toko buku kitab ngaji. 

Akses lainnya dapat aku temukan di iperpusnas, download di playsotre dan lumayan banyak buku bagus yang dapat dipinjam secara Gratis. Atau membaca secara ilegal melalui audio book di youtube. 




JADI BAGAIMANA NULIS BUKU LARIS?

Ada 15 lagi poin-poin terbaik menulis buku yang diincar pembeli yaitu :
  1. Semua Bisa Menulis - Asal Mau
  2. Bagaimana Mengawali menulis
  3. Mendesain Naskah 100 Buku 
  4. Gunakan Mind Map
  5. Gunakan Tabel Leonardo Da Vinci 
  6. Tabel Benda Acak 
  7. Buat Judul dan Subjudul 
  8. Edit Naskahmu 
  9. Time Table Menulis
  10. Buku Informatif 
  11. Pasarkan Buku Anda
  12. SPP dan Royalty
  13. Mendaur Ulang Naskah Lama
  14. Karier Penulis Professional 
  15. Konsisten Menulis 
Aku pikir cukuplah bagi penulis pemula memahami 15 poin di atas tanpa perlu ngerti detail, hanya dengan baca hal ini sudah tergambar jelas- apa yang perlu dilakukan menjalani profesi sebagai penulis. Meskipun dulu - pernah saya dapat kabar bahwa penulis di Indonesia tidak bisa kaya. Mungkin kabar ini sudah terpatahkan oleh para internet marketer yang menulis buku digitala marketing dan laris manis. 


MENULIS SAMPAH !!!!

Mungkin ini sebagai bentuk tulisan sampah- hanya memenuhi blog dan internet sebab tidak ada hal baru di sini, menulis hanya menulis mengalir tidak akan meninggalkan warisan berharga, kecuali ada sentuhan emas. Mungkin ada yang menghibur bahwa tulisan ini cukup inspiratif, entahlah - mungkin itu karena citra yang akau bangun dengan Personal Branding sebagai pemilik Afsoh Publisher- Entahlah. 

Kalau masuk ke tahap editing, mengubah kalimat belepotan menjadi lebih rapi. Jadi ingat tugas menulis kalimat efektif, menulis cukup banyak kemudian memunculkan yang terbaik saja- hal ini sangat bertentangan dengan tulis saja dan menulsilah terus. hehehehehe. 

1. kelengkapan kalimat 
2. tidak ada salah ketik - tanda baca
3. kata-kalimat dalam bahasa Asing

Jurus Editing meliputi hal-hal berikut :
  1. Rincian 
  2. Kesopanan 
  3. Kejelasan 
  4. Konsistensi
  5. Fakta dan Data 
  6. Gaya Bahasa 
  7. Kebenaran Bahasa 
  Cukup sampai di sini dulu ya, nanti kalau sudah siap dan ada dorongan, tulisan ini saya lengkapi lagi. 

GENDAM NUSANTARA 919

Back to Top