-->

Washing Dishes twice a day- Mencuci Piring Dua kali Sehari

| 9:16 AM |

 Kali ini saya menulis tanpa menggunakan teori menulis, saya menulis mengikuti isi hati saja, sebagaimana tulisan sebelumnya penulis menulis dari rumah tangga, maka saya tuliskan saja aktivitas mencuci piring sekari dua kali. Saya menyadari bahwa sebagai bapak rumah tangga yang kerja di rumah dengan modal laptop dan online - wajib pandai mengatur waktu kapan memasak dan bersih-bersih rumah.

Mungkin Anda bertanya, dimana istri saya? Istri saya bekerja sebagai guru di SLBN 1 Semarang jawa tengah, kami bagi tugas, dan ..... kalimat menjadi berhenti saat menulis topik di luar rumah tangga. Oke kita kembali ke dalam rumah, diawali dari dapur dengan ukuran sangat mini - penting bisa masak dan mencuci peralatan. 

Ada dua sumber air yang kami gunakan untuk mencuci dan mandi, yaitu air pdam kota semarang dan air artetis yang dikelola oleh warga RT 12 - pembayaran melalui Pak Erfan, rumahnya di depan lapangan voli cat biru dengan pagar bambu. Air rutin saya bayar tiap tanggal 5 per bulan untuk menghindari denda 10%, dalam hati- kenapa ada denda di dunia ini? apakah agar manusia lebih tertib atau untuk mendapdatkan sumber pendapatan baru bagi pendenda? 


HOW TO WASH CUTLERY - CARA MENCUCI PERALATAN MAKAN

Ketika aku kecil dan tinggal di Tenaru Driyorejo Gresik, aku mendapat tips mencuci perabotan makan seperti ini : 
1. Cuci Sendok 
2. Kemudian Bersihkan Gelas 
3. Piring paling terakhir
Cara ini aku dapatkan dari sandiwara radio Kartina Gadis Kota. Lalu beberapa waktu lalu baca sosial media ternyata ada yang bilang kalau gelas itu didahulukan kemudian cuci sendok garpu dan piring bagian belakangan. 

TEACH INDEPENDENT CHILDREN - AJARI ANAK-ANAK MANDIRI

Dari mencuci piring dan sendok gelas garbu, kita dapat ajarkan anak-anak untuk membilas, memberikan sabun dan membersihkan sebagai latihan kemandirian anak-anak, tips nya selesai makan langsung cuci sendiri di wastafel dapur, sebab bila kita biarkan menumpuk maka pemandangan menjadi tidak enak, piring kotor sangat mengganggu. 

Aktivitas kemandirian kepada anak diantaranya nanti kita ajarkan mencuci baju sendiri, merapikan kasur tempat tidur, menyapu mengepel lantai rumah, bersihakn kaca rumah pada hari libur atau setelah sholat jumat, membersihkan kipas angin, apalagi ya? nanti kalau sudah dapat ide lanjutan saya akan tulis lagi di sini atau di artikel berikutnya.

Oh ya sobat, saya menulis kali ini ditemani siaran radio online bbc, kali ini saya klik yang radio 1 - listen live -  dan yang terdengar adalah suara instrumen musik membuat kalimat mengalir tanpa henti, siaran streaming yang dapat kita akses dengan internet - sambungan telkomsel indiehome dengan biaya bulanan Rp 311.000 kecepatan 10 mbps - Sedih nggak sih? dengan akses yang begitu kecil ini? sementara sambungan di luar negeri konon sambungan wifi sudah begitu ngebutnya. - OOh Ngeriku - Indonesia - Oh BUMN-ku - OOhhhhh Telkom-ku..... 

Tapi benaar tidak sih kalau saham telkom kita sudah dibeli oleh Sinagpura? Tulisannya menjadi melantur kemana-mana, sementara waktu sudah menunjukkan 09.10 wib, artinya saya masih ada waktu untuk megetik di laptop ASUS ini sampai satu jam setengah lagi karena jam 10.30 wib jemput kak Hadil dari SD Qu hanifah Semarang - sekolah penghafal alquran .

CLASSICAL MOVIE MIXTAPES (HARRY POTTER VIBES)

Pengalaman menulis perihal rumahtangga ini sungguh hal baru bagaimana saya ditemani suara classical movie mixtapes dari Harry Potter. Tentang menulis ini saya teringat kisah JK Rowling yang kaya raya sebab menulis kisah sihir si era modern, menjadi buku laris, novel paling best seller di dunia dan diangkat jadi film layar lebar. 


GENDAM NUSANTARA 919

Back to Top